Jumat, 30 November 2012

Dampak Perkembangan Pemrograman terhadap Kehidupan Masyarakat



jenis-jenis bahasa pemrograman

Zaman sekarang ini pemograman sangat berkembang pesat, hampir semua kebutuhan elektronik yang kita pakai menggunakan aplikasi pemrograman yang sangat canggih, hal ini sangat membantu kita dalam melakukan kegiatan yang membutuhkan waktu yang cepat, dan mudah dilakukan. Akan tetapi, pemrograman-pemrograman ini tidak selalu memberikan keuntungan, banyak dampak-dampak yang malah membuat masyarakat khususnya orangtua
merasa khawatir dengan hal-hal negatif yang dapat melibatkan anak-anak mereka. Berikut ini beberapa dampak positif dan negatif dari munculnya pemrograman di lingkungan masyarakat:


 Dampak positif

  • Terciptanya banyak aplikasi-aplikasi sarana pendidikan yang mudah dipelajari oleh para siswa yang dapat menunjang prestasi mereka secara akademik . Contoh aplikasi perhitungan, geografi, learn english, e-learning dan lain-lain.
  • Terciptanya Program-program aplikasi dalam dunia kerja di bidang kedokteran,bisnis, teknologi,multimedia, komunikasi dan jaringan dan lainnya . Contoh Program Aplikasi grafis/design :photoshop,corel draw,macromedia flash,camtasia studio, autocad dan lainnya.
  • Selain itu dalam dunia jaringan juga sangat membantu masyarakat dalam mencari sumber informasi. Contoh dalam hal bisnis dan perbankan menggunakan Internet banking dan E-COMMERCE yang mempermudah dalam menjalankan bisnis.
  • Manfaat lain bisa diperoleh dari program aplikasi berbentuk games yang umumnya dirancang dengan tujuan permainan dan tidak secara khusus diberi muatan pendidikan tertentu. Cth : games petualangan, pengaturan strategi, simulasi, dan bermain peran (role-play).
  • Membantu dalam memproduksi produk dengan menggunakan  mesin yang telah di rancang sedemikian rupa dengan menggunakan pemrograman komputer sehingga  aktivitas pekerjaan produksi dalam kegiatan industri semakin cepat dan lanacar. 
 Selain itu ada beberapa dampak negatif yang dapat merugikan masyarakat antara lain :

  1. Pemrograman berupa jaringan seperti pengaksesan internet yang dilakukan oleh anak-anak di bawah umur seperti membuka situs video porno,game online yang pada akhirnya merusak moral anak bangsa, tetapi hal ini dapat dicegah oleh orangtua dengan menginstalkan software pemrograman yang melindungi anak-anaknya untuk tidak membuka situs-situs tersebut seperti program nany chip atau parents lock yang dapat memproteksi anak dengan mengunci segala akses yang berbau seks dan kekerasan.
  2. Pembobolan data dan penyerangan virus, pemrograman ini dilakukan dengan memasukkan virus ke dalam suatu jaringan atau data sehingga merusak semua data yang kita miliki. Hal ini banyak di lakukan  dalam persaingan bisnis di perusahaan-perusahaan besar
  3. Manipulasi gambar atau video yang mencemarkan nama baik orang.

Sebenarnya , masih banyak dampak-dampak pemrograman yang terjadi dalam kehidupan kita saat ini. Setiap pemrograman ataupun aplikasi pasti memiliki sisi positif dan negatifnya, tetapi yang harus kita sadari adalah  program-program ini sesungguh selalu bersifat netral, hanya saja bagaimana kita menyikapi hal ini,bagaimana kita mengaplikasikannya dalam kehidupan kita.


0 comments:

Posting Komentar