Senin, 11 Februari 2013

Inilah Diriku, Seorang Anak Perantau



Inilah Diriku, Seorang Anak Perantau ....
Sebuah judul postingan yang nggak kreatif banget ya hahaha... Judul ini aku pilih karena aku nggak tahu harus membuat judul apa untuk tema giveaway kali ini. Tema perantau yang di berikan mba mila, terlalu sulit bagiku karena banyak pengalaman dan kenangan selama merantau, ingin rasanya menceritakan semua pengalamanku selama di Bandung, selama 3 tahun hidup sendiri di kota orang tanpa mengenal siapapun disini, banyak rasa yang campur aduk selama ini, rasa senang, sedih, kesepian, kesusahan, rindu yang nggak bisa di ungkapkan satu-satu.

Sampai saat inipun aku masih merantau, jauh dari keluargaku di Medan, tekadku yang sangat besar untuk bersekolah di luar pulau Sumatra pun membawaku ke Bandung. Yah begitulah kata ayahku, aku harus keluar dari zona amanku untuk survive di kota lain bahkan kalau bisa di negeri orang. Hidup sendiri di kota orang rupanya membuat aku banyak belajar dan membentuk kepribadian yang lebih mantap. (Menurutku sih hehehe)

Aku memiliki perjalanan yang panjang selama di Bandung, banyak susah senang yang aku dapat, walaupun terkadang susahnya lebih banyak( hahaha ) but it's ok selama itu untuk membentuk kepribadianku yang lebih baik dan lebih dewasa dalam menghadapi dan memutuskan sesuatu . Selama merantau, aku terpaksa harus "mandiri", harus bisa apa-apa sendiri dari urusan kuliah, urusan makan, urusan kesehatan dan pastinya yang paling crucial yaitu urusan keuangan yang membuatku gila setiap akhir bulan memikirkan "jalan pintas" bagaimana aku bisa hidup dan makan dengan uang yang semakin menipis. (lebay ya? hahaha tetapi itulah sensasi dari seorang anak perantauan). Jika sudah begitu keadaannya, pasokan telur dan bumbu-bumbu makanan yang tersisa menjadi penyelamat di akhir bulan. Akhir bulan menjadi ajang  "ibu rumah tangga" yang sangat pintar mengolah makan agar enak di makan dan kenyang di perut atau menjadi seorang "kolektor" uang receh yang kalau di kumpulkan bisa di buat untuk membeli makanan selama 3-4 hari. (hahaha)

Makanan sehari-hari di akhir bulan

Telur goreng dengan kecap manis di akhir bulan

Sebenarnya uang yang dikirimkan oleh orangtua setiap bulannya sangat memadai,tetapi hal-hal yang tidak terduga lebih banyak dari yang diperkirakan, kalau minta lagi ke orangtua rasanya gimana gitu,masih banyak yang harus orangtua pikirkan dengan urusan lain yang menyangkut uang. Sebagai anak yang baik (gaya banget) aku harus bisa bertahan dengan kiriman orangtuaku itu, mencoba mengolah uang dengan baik dan berusaha menabung, walaupun pada akhirnya tabungan di rekeningku sampai sekarang nggak nambah-nambah.(hahaha) tapi itulah pelajaran berharga yang aku pelajari tiap bulannya dan belum lulus untuk lebih berhemat dengan uang yang dikirimkan. Manajemen keuanganku masih berantakan tetapi setidaknya tidak sampai harus berhutang di warung-warung sunda atau tegal di area kos-kosanku. (hehehe)

Inilah Diriku, Seorang Anak Perantau...
Tidak hanya seputar keuangan saja yang menjadi pengalaman berharga bagiku, tapi juga kepedulian yang sangat besar terhadap sesama teman, apalagi teman seperantauan. Banyak suka duka yang aku bagi dengan mereka, mereka seperti keluargaku disini, rasa kebersamaan dan saling tolong menolong sesama anak perantauan membuat persahabatanku dengan mereka semakin erat. Di kala aku sakit, di kala aku kesusahan, di kala aku memiliki masalah, merekalah yang ada berdiri di sampingku menggantikan peran keluargaku disini. Siapa lagi yang bisa aku minta bantuan selain mereka, hanya mereka yang bisa membantuku di kota orang ini. Aku banyak belajar dari mereka, sesulit apapun keadaanku ternyata masih ada yang lebih sulit dariku. Banyak pengalaman bersama mereka. Belajar bersyukur di setiap waktunya juga aku dapatkan dari keadaan yang aku alami disini, Aku masih beruntung daripada mereka. Ya itulah inti kehidupan bagiku, selalu bersyukur dan niscaya kau akan merasa cukup. (^__^)

Teman, sahabat dan keluarga bagiku ATOM FAMILY

Anak Perantau dari Medan  
Keluarga Besarku di Bandung

Inilah Diriku, Seorang Anak Perantau...
Walaupun aku anak perantau dengan duit pas-pasan, tidak menghalangi untuk berkeliling tempat yang aku suka, banyak tempat yang aku kunjungi selama merantau, banyak jalan yang bisa aku jelajahi untuk mengisi masa mudaku. Salah satunya mencari gratisan asal halal pun tak jadi masalah, kapan lagi merasakan semuanya secara gratis ketika traveling ke suatu tempat, atau gratisan mendapat makanan, atau lainnya. (Kelihatan banget ya anak kosannya hehhehe). Ya itulah sensasi menjadi seorang anak perantauan, banyak rasa banyak pengalaman lucu dan menarik yang bisa di dapatkan. 

Persiapan masak makan gratis di lab kampus

daging kurban dan bumbunya

Yah, sebenarnya masih banyak pengalaman selama merantau ini, cuma kayaknya nggak bakal habis kalau di ceritain disini, Intinya banyak pengalaman berharga yang aku dapatkan selama merantau, menjadi anak perantau yang kuat menahan rindu pada keluarga adalah satu hal terberat menurutku. Dikala kesepian atau sendirian pun aku sering menangis tapi itulah sensasi dari merantau. Aku ditempah dan dibentuk jadi pribadi yang mandiri dan kuat yang bisa berdiri sendiri di atas kakiku  tanpa bantuan siapapun. So, yang belum pernah merantau, coba deh merantau dan rasakan sensasinya. Okeh, kayaknya segitu aja yang bisa aku bagikan sebagai anak perantauan dan semoga bisa menginspirasi dan semoga bisa dapat buku "moga bunda di sayang Allah" atau "the railway children" (senggol mbak mila hehehe.... ).

oya sorry kepanjangan ya mbak,tapi nggak lebih dari 800 kata kok,cuma pas banget hahaha...




21 komentar:

  1. Balasan
    1. iya sma-sma mbak, saya senang bisa ikutan GAnya mbak, apalagi bisa berbagi cerita kayak gini :D

      Hapus
  2. Tapi banyak kisah seru kan, yang layak untuk diceritakan.
    Ceritanya bener-bener menggambarkan anak perantau.

    Semoga menang ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya banyak bget kang :D
      sampai2 nggak tahu harus mau cerita dari mana dlu ... :D

      Hapus
  3. SEMANGAT! meski perantau tetap harus kuat dan berjuang ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti mbak !!! anak perantau emng harus seperti itu, dont stop cant stop until we reach the top... hehhe,,,

      Hapus
  4. walaupun perantauan ndak, ada temen2nya akan menemai apah lagi sampek bakar daging qurban bareng :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. teman itulah yang menemani stiap suka duka, apalagi soal makanan, pasti berbagi walaupun kadang trpaksa karena sama-sama lapar... :P

      Hapus
  5. suka duka anak perantau yang mengasyikkan yaaa...
    saya sekian tahun juga mengalaminya, seringnya malah ke burjo untuk mengisi perut dengan mie instan, ga sehat ya... bila keseringan

    mantap tuh acara nyatenya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kang suka dukanya banyak bnget..

      saya juga sering makan mie instan sih sbenarnya haha.. beda tipis lah mie instan sm telur dadar tiap hari wkwkwkw...

      wah klu nyate mah cuma stiap hr adha aja kang klu gg ya gratisan dari siapa gt,klu beli sendiri mah gg sanggup...

      Hapus
  6. hahaha...jadi inget saat merantau dulu. :)
    sukses GA-nya

    BalasHapus
  7. hahaha,,, ada kurang tu,,,"saat uang ga ada, sms n minta kiriman dari saudara terdekat",, hahaha ato berbagi pulsa di akhir bulan dengan saudara seperantauan,,,

    #love merantau,nambah keluarga n pengalaman...

    BalasHapus
  8. Selamat Mbak, anda termasuk pemenang dalam GA ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ATM AJAIB MELALUI DUNIA GAIB
      Bagi minat telpon aki songo di 085 217 519 919 atau klik www.paranormal-kisongo.blogspot.com karna kami pernah dibantu beliau terima kasih banyak ki udah bantu kami.

      Insya’Allah kami bisa memberikan Solusi Masalah Keuangan AndaBismillahirrahmanirrahim
      Assalamu’alaikum Wr. Wb. dan Salam Sejahtera
      CARA CEPAT JADI KAYA DENGAN ATM Ajaib Adalah Kartu atm sama seperti kartu atm lainnya yang bisa dipakai di ATM untuk menarik uang di atm manapun atau atm bersama. Dimana kartu ATM ajaib ini bisa dipakai menarik uang di ATM tanpa membuat saldo anda berkurang dan saldo ajaib bukan!! jadi anda bisa mengambil uang di atm setiap hari sama seperti kartu ATM biasanya dimana atm ajaib ini sudah terbukti keampuhannya dan sudah banyak yang menggunakan tanpa epek samping dan tanpa tanpa tumbal,yang paling ajaib kartu atm ini tidak merugikan kedua belah pihak antara pemilik/calon pembeli kami dengan pihak jasa perbankan/ bank jadi dengan menggunakan kartu ini anda tidak melakukan pelanggaran hukum dan tidak menyimpan dari aqidah.
      Ajaib bukan??
      SYARAT & KETENTUAN PENGGUNAAN
      1. Maksimal penarikan 20 juta tiap hari tidak boleh melebihi.
      2. Setiap pengahsilan anda /hari harus di sumbangkan sebesar 5 persen dari penghasilan anda /hari, 3 persen di panti asuhan sebesar 600 ribu dan 2 persen di mesjid sebesar 400 ribu.jadi total penghasilan anda setiap hari 19 juta rupiah.
      3. Penarikan uang di atm tidak boleh melebihi batas apa bila melebihi atm ajaib tidak bisa digunakan lagi.
      4. Penggunaan Atm ajaib ini bisa anda gunakan seterusnya selama dirawat dan disimpan dengan baik.
      Sungguh sangat ajaib!!!
      ATM AJAIB BISA ANDA DAPATKAN DENGAN HARGA TERJANGKAU
      MAHAR RP: 25.000.000.
      Bagaimana Cara Mendapatkan Jimat Pesugihan?
      Untuk mendaptakan Jimat Pesugihan kami Anda bisa telpon aki, Anda juga bisa memesan secara jarak jauh dengan menghubungi staf administrasi Saya melalui telepon dan SMS.
      PERHATIAN SERIIUS..!!
      Ky hanya melayani pasien yg serius & mempunyai kemampuan pendanaan yang cukup..!! aki tidak menerima curhat tentang apakah aki bisa mena
      langi dulu maharnya..?? apakah mahar bisa dibayar setelah berhasil..?? saya sudah ditipu sana sini, saya tidak punya mahar untuk beli perlengkapan ritual & sajen serta alasan alasan lain yg tidak masuk akal..!! anda menghubungi aki berarti memang anda sekarang dalam keadaan sedang kalut..!! ruwett..sengsara.!! jika anda serius berniat ingin mendapatkan bantuan spiritual dari aki berarti anda semestinya sudah yakin & siap untuk memenuhi syarat syarat & mahar yg sudah aki tentukan, harap maklum & mohon dimengerti.

      Hapus
  9. BUAT SAUDARA BERADA DI PERANTAUAN YANG BUTUH MODAL USAHA ATAU PUNYA UTANG BANYAK, MINAT LEWAT PESUGIHAN TANPA TUMBAL DI JAMIN AMAN DUNIA AKHIRAT (HALAL) ,SILAHKAN HUBUNGI (KI MASHIRO).
    (PESUGIHAN PUTIH UANG NYATA DARI ALAM GAIB DAN NIKAH SIRIH WANITA CANTIK JIN MUSLIM )
    Pengajar: KI MASHIRO.
    Hp. 0858-2534-8929
    Pesantren Al-Hikmah
    Besuki-situbondo-jawa timur.
    Jika anda mau ritual dirumah tanpa datang kepesantren.
    Syarat -syarat.
    -beli kain putih dan semprot dengan parfum.maka jin wanita akan siap membawa uang milyaran atau ratusan juta.
    —PESUGIHAN PUTIH DANA BAROKAH.AMAN DUNIA AKHIRAT TANPA TUMBAL.
    Cukup anda menyembelih hewan kambing sbg sesajen putih.anda akan dibawakan uang melimpah sama jin muslim.
    -NIKAH SIRIH SAMA WANITA MENAWAN SAMA JIN MUSLIM.
    Dengan menikahi jin muslim anda akan dibantu mencari perantara uang cepat kilat dan jin ini bisa berubah wujud desuai yang diinginkan sang suami/bisa seperti artis idola.
    ( Jika kambing dapat uang seratus juta dan jika sapi akan dapat 1-5 milyar lebih )
    Buktikan dan kami yakin anda akan bisa dan akan dapat uang melimpah dalam satu malam .
    Ini nyata dan terbukti.silahkan anda ritual malam ini dengan bimbingan jarak jauh via telpon di :0858-2534-8929
    Pengajar:KI MASHIRO.

    BalasHapus
  10. HALLO BOSS YUK DAFTARKAN SEGERA DI DOMINO206.COM JUDI ONLINE TEPERCAYA & AMAN 100% !

    SANGAT MUDAH MERAIH KEMENANGAN TUNGGU APALAGI AYO BURUAN DAFTARKAN BOSS ^_^

    UNTUK PIN BBM KAMI : 2BE3D683/WA(+855 8748 0626) SILAHKAN DIADD YA:-)

    DOMINO206.COM MENYEDIAKAN 7 PERMAINAN BOSKU
    - ADUR-Q
    - DOMINO99
    - BANDAR-Q
    - POKER
    - BANDAR POKER
    - SAKONG
    - CAPSA SUSUN

    UNTUK BANK KAMI : BCA-BRI-BNI-DANAMON-MANDIRI
    KAMI TUNGGU KEHADIRAN BOSS YA^^

    BalasHapus

  11. Pengakuan tulus dari: Wulandari TKI, kerja diMalaysia

    Saya mau mengucapkan terima ksih yg tidak terhingga, serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya kepada KH.Fhatulla Harun, saya sudah kerja sebagai TKI selama 5 tahun diMalaysia,dengan gaji lebih kurang 2.5jt/bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim ortu di jawa, sudah lama saya mengetahui roomnya KH.Fhatulla Harun ini, juga sudah lama mendengar nama besar KH.Fhatulla Harun,tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu percaya dengan hal ghoib, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng yg mau menipu.tetapi kemarin waktu pengeluaran 4478 , saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan,angka yg diberi KH.Fhatulla Harun 4478 ternyata tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar diMalaysia, tidak ada ongkos pulang,terus beliau bantu kasih angka 4478 setelah saya bantu mahar yg dibutuhkan.mulanya saya tdk percaya,mana mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan Kemarin, ternyata tembuss….!!!
    dapat BLT 250jt, sekali lagi terima kasih banyak KH.Fhatulla Harun, saya sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang aja ke sukabumi.buat KH.Fhatulla Harun,saya tidak akan lupa bantuan& budi baik KH.Fhatulla Harun.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    YANG MAU SEPERTI SAYA HUB:KH.Fhatulla Harun DI:085217085317

    ATAU KUNJUNGI SITUS BELIAU KLIK=> Pesugihan Tanpa Tumbal Asli Tahun 2017 | Uang Gaib | Dana Gaib | Uang Balik Nabi Sulaeman Terima Kasih Dan Semogah Jadi Pemenang Berikutnya, Aamin . Wassalam..

    BalasHapus
  12. http://mybloggeroperaqq.blogspot.com/2018/01/pria-benci-saat-wanita-lakukan-7-hal.html

    http://mybloggeroperaqq.blogspot.com/2018/01/lowongan-kerja-di-amerika-awak.html

    http://mybloggeroperaqq.blogspot.com/2018/01/mohamed-salah-tutup-peluang-pindah-ke.html

    ♥ ♠ ♦ ♣ OPERAQQ.INFO ♥ ♠ ♦ ♣
    Kami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari OperaQQ.org :) 1 ID Untuk 7 Games :
    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami OperaQQ.info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan OperaQQ.org :
    - Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
    - Kartu Anda Akan Lebih Bagus
    - Bonus TurnOver Atau Cashback 0.3% Di Bagikan Setiap 5 Hari
    - Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
    - Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
    - Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
    - Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
    - Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
    - Operaqq.net Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
    - Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.
    Fasilitas BANK yang di sediakan :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon
    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At Operaqq.net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM :D60ED5D7
    - WHATSAPP :+855 964 93 0279
    - LINE : operaqq
    Link Alternatif :
    - www.operaqq.com
    - www.operaqq.info
    - www.operaqq.org
    NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www lagi boss ^_^

    BalasHapus
  13. Selalu mengharu biru jika berkisah tentang anak rantau. Terima kasih sobat telah berbagi.

    BalasHapus