Jumat, 08 Februari 2013

Galau Karena Registrasi Kuliah


Postingan kali ini sebenarnya mewakili perasaan teman-temanku yang nggak enak makan,tidur dan lainnya gara-gara galau buat registrasi kuliah. Makanya disini aku pengen mengeluarkan unek-unek yang terpendam selama 7 hari lalu. hahaha....

Awal terbentuk rasa "galau" ini tepat di hari Kamis  31 Januari 2013, dimana timbul sebuah permasalahan yang di hadapi angkatanku untuk menentukan banyaknya SKS yang harus di penuhi untuk semester akhir ini. Namun response dari wali dosen dan kaprodi belum ada pada saat itu. Mahasiswa angkatanku tetap menunggu sampai sebuah info perwalian yang di postingkan oleh wali dosenku yang akhirnya malah membuat makin galau karena kesimpangsiuran dan info ambigu yang kami terima. 



Melalui info tersebutlah, anak-anak angkatanku terutama untuk kelas Content Developer bingung untuk memilih mata kuliah yang harus diambil untuk memenuhi SKS tersebut karena semua mata kuliah saling berkaitan satu sama lain namun jika semua mata kuliah di ambil, SKS menjadi 114SKS, padahal 110 SKS saja sudah memenuhi semuanya.  Banyak pertentangan terjadi mata kuliah mana yang harus di drop agar SKS tetap terpenuhi dan jadwal tidak terlalu padat. Seperti yang di ketahui untuk tahun angkatanku sedikit aneh, untuk 3 SKS 3 kali pertemuan padahal di jurusan lain 3 SKS tetap 2 kali pertemuan. Bayangkan saja mata kuliah yang memiliki 3 SKS ada sebanyak 4 mata kuliah berarti selama seminggu kami harus kuliah lebih dari 12 kali pertemuan. Wow, seperti kepadatan mata kuliah ini akan mempengaruhi kesibukan Proyek Akhir kami nantinya. 

Oke,lanjut....

Setelah berunding dan bertanya satu sama lain, terdapat mahasiswa yang akan men-drop matakuliah animasi lanjut, multimedia terapan, dan wawasan teknologi. Dari 3 pilihan yang di buat oleh teman-temanku ini, membuat aku harus berfikir mata kuliah mana yang cocok di drop tapi tetap memenuhi SKS tetapi juga tidak meninggalkan kerugian yang besar buatku. Perundingan dan pembicaraan dengan anak-anak lainnya yang di lakukan dari pagi ke pagi tetap saja tidak menemukan kesepakatan bersama untuk mendrop salah satu mata kuliah. Dari ketiga pilihan tersebut jujur saja aku memilih untuk mendrop mata kuliah animasi lanjut karena beberapa faktor, namun jika aku mendrop mata kuliah tersebut sama saja aku tidak belajar sesuai dengan peminatan yang aku jalani sebenarnya. Untuk Multimedia terapan, adalah mata kuliah yang paling aku tunggu-tunggu dan tidak mungkin aku drop begitu saja. Akhirnya aku memilih untuk mendrop mata kuliah wawasan teknologi. Namun karena ombang ambing pembicaraan yang masih belum jelas dan takut salah memilih dan malah mengurangi SKS nantinya, akhirnya aku memutuskan untuk mengambil 15 SKS secara utuh tanpa ada yang di drop sama sekali. (Galau banget kan? ) dan kegalauan ini terjadi sampai terakhir menginputkan mata kuliah di web kampusku. Sampai akhirnya di pagi-pagi buta wali dosenku memposting sebuah info yang membuatku dan teman-temanku sedikit lega 


Melihat postingan di atas membuatku sedikit lega dengan keputusanku mengambil 15 sks untuk semester ini, setidaknya jika aku tidak suka dengan mata kuliah wawasan teknologi nantinya,masih ada waktu PRS untuk mendrop mata kuliah tersebut. Kelegaanku bertambah setelah kaprodiku memberikan info di detik-detik terakhir di hari terakhir registrasi matakuliah semester ini.


Ya begitulah intinya, aku dan teman-temanku mengalami kegalauan yang lumayan panjang hanya karena registrasi matakuliah saja. Mungkin kegalauan ini juga akan terjadi di masa-masa membuat Proyek Akhir nantinya. Tapi yang pasti aku tetap menjadi hal ini sebaik "persiapan" menghadapi sesuatu hal yang lebih besar. Intinya tetap di jadikan pelajaran semua hal yang terjadi. Pelajaran kali ini yang aku dapat adalah berpikirlah sematang-matangnya dalam mengambil keputusan, lihat semua faktor yang mungkin terjadi kepadamu. Ya aku harus belajar lagi untuk tidak galau menentukan keputusanku untuk masalah-masalah berikutnya yang akan datang. Dan Selamat datang jadwal kuliah yang begitu padat, aku akan berusaha tetap menjalani hari-hariku dengan senyuman dan semangat untuk mendapatkan impianku tersebut. Wisuda secepatnya ^_^ amin Ya Rabb....

Jadwal Kuliahku Semester 6 ^__^ Subhanallah sekali
And the last, big thanks to my mom yang tetap memberikan masukan dan ketenangan untuk anak tercintanya ini yang selalu galau dan selalu melapor hal terkecil apapun ke ibundanya. Maafkan anak bungsu mu ini yang sangat manja kepadamu walaupun sudah kuliah tingkat akhir hehehe. Doamu selalu menyertai setiap hembusan nafasku dan doaku selalu menyertaimu di setiap saat ibu.  Aku masih tetap "bayi" kecilmu ibu... ^__^ 
love u...




3 komentar:

  1. mencari widget Follower untuk blogspotk kok gak ada. Adanya follow lewat surel ya. Met kenal aja. Ma kasih sudah ikutan giveaway

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran gimana kalo capthca untuk komentar pengunjung diganti... cuman saran sih. ma kasih

      Hapus
    2. oh iya ntar saya ganti mbak.. met knal juga mbak hehe...

      smoga saya menang y mbak haha... amin

      Hapus